KURIKULUM & GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)
PROGRAM STUDI : DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)
FAKULTAS : SAINS DAN TEKNOLOGI
KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU) JEPARA
Jl. Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara (59427) Telp. 0291-595320 /Fax. 0291- 592630
www.unisnu.ac.id email. info@unisnu.ac.id
1. Deskripsi Umum
Kurikulum saat ini mengalami pergeseran paradigma yang cukup tinggi dan bahkan melompat jauh dengan semakin mudahnya teknologi berbasis data dan pengembangan aplikasi yang kian tinggi membuat pembelajaran harus mampu beradaptasi dengan baik. IoT atau internet of thing merupakan salah satu dari sekian paradigma yang saat ini marak dikembangkan dan digunakan sebagai basis pendidikan digital. Dalam menelaah dan mengimplementasikannya dirasa perlu pendekatan secara keilmuan(scientific approach), teknologi informasi dan komunikasi, serta sudut pandang lain meliputi lingusitik (semiotic), sosiologi, psikologi, ilmu produk, arsitektur, kebudayaan, ekonomi (manajemen) hingga unsur agama (etic). Desain komunikasi visual (DKV) dengan paradigma diatas memunculkan klaster baru yang menitik beratkan kompetensi luaran kepada lompatan berbasis teknologi informasi yang memunculkan wacana kedepan dengan ; narasi visual, market visual, branding, konten visual & narator, game character, digital ilustrasi dan animasi. Hal ini tentunya menjadi menarik manakala persinggungan wilayah ke-DKV-an semakin membaur dengan kompetensi lain yang memang saat ini sangat generalist (multiple competence).
Adaptasi dan penyesuaian akan selalu diupayakan sehingga keilmuan yang didapatkan akan selalu update dan sesuai dengan perkembangan jaman. Selaras dengan model adaptasi serta penyesuaian yang dimaksud adalah DKV Unisnu telah mengembangkan strategi dalam model kurikulum yang mampu beradaptasi dengan lingkungan industri, serta pengembangan bakat kompetensi serta minat dengan menitik beratkan pada 3 jalur peminatan bidang digital conten creator, brand & advertise, creative industrial asset di Prodi DKV UNISNU pada empat pilar yang masih sama yakni courtesy, competent, scientis and Insightful technolog. Dengan wawasan berbasis teknologi yang makin kompetitif serta konsetrasi keilmuan yang makin spesifik meski lingkupnya semakin melebar tidaklah membuat DKV menjadi rancu akan keilmuan yang harus di berikan dan justru semakin spesifik dalam menyaring keilmuan yang sesuai dengan keilmuan DKV sehingga menimbulkan dinamika desain yang tepat sasaran.
Prodi DKV UNISNU juga mengembangkan metode yang dilakukan bersama-sama dengan stakeholder, praktisi, akademisi serta mahasiswa lulusan. antara teknik UNISNU dalam rangka menumbuhkan kembangkan keilmuan desain komunikasi visual yang saat ini sedang mengalami lompatan tajam di era industri 4.0, deformasi krisis desain dengan banyaknua aplikasi yang memberangus ide juga menjadi perhatian teknologi yang perlu disikapi, selain mengembangkan struktur kurikulum adalah melakukan peningkatan keilmuan pada sisi sumber daya manusianya. Sumber daya manusia (SDM) dilakukan melalui pengembangan dosen dilingkungan Prodi DKV UNISNU dengan melakukan proses studi lanjut ditingkat strata III serta pelatihan dan peningkatan skill berbasis digital conten creator, brand & advertise, creative industrial asset.
1.1 Kerangka keilmuan
DKV UNISNU dalam mengembangkan keilmuannya menggunakan model pendekatan interdisiplin keilmuan yang mengakar pada ranah seni reklame, dan rupa, namun dalam perkembangannya mampu menjadi banyak fokus keilmuan dengan pemanfaatan teknologi sebagai alat penunjang sehingga lahir keilmuan videografi, fotografi dan digital advertise dan seterusnya, hal ini membuktikan bahwa pergerakan keilmuan rupa dan reklame dibalut dengan kata desain merupakan sebuah kepastian dalam era yang saat ini menjadi ajang perang komunikasi yang semakin tajam disemua lini.
Guna memberi gambaran peluang perkembangan ilmu desain komunikasi visual (DKV) saat ini dan yang akan datang, berikut merupakan taksonomi ilmu yang membentuk keilmuan desain komunikasi visual UNISNU:
1. Komunikasi visual: teori umum dan filosofi:
1.1. Citra/pencitraan, Isi dan makna
1.2. Mental Image /Visualisasi
1.3. Filosofi: Epistemologi
1.4. Informasi/isi
1.5. Bahasa komunikasi visual
2. Psikologi:
2.1 Psikologi seni
2.2 Persepsi seni
2.3 Interpretasi/kognisi
2.4 Code/Decoding/Encoding
3. Pendidikan & Humaniora:
3.1 Belajar /learning
3.2 literatur visual
3.3 Teknik pembelajaran/teaching
4. Faktor peserta/Efek/Tanggapan:
4.1 Perilaku dan kepercayaan
4.2 Arousal dan emosi
4.3 Kreatifitas dan imajinasi
5. Seni rupa:
5.1 Estetika desain
5.2 Komposisi/tata letak
5.3 Olah gambar
5.4 Tata huruf
5.5 Olah warna
5.6 Ilustrasi terapan
5.7 Menggambar bentuk
6. Ilmu Komunikasi:
6.1 Jurnalistik media
6.2 Komunikasi periklanan
7. Sains terapan:
7.1 Publikasi berbasis sains teknologi
7.2 Pengembangan Produk dan media publikasi
7.3 3 game character
7.4 Desain asset industri
8. Kemampuan Professional /Discipline:
8.1 Fotografi
8.2 Publikasi Elektronik/Videoteks
8.3 Desain Periklanan
8.4 Visual jurnalis
8.5 Multimedia developer
9. Industrial
9.1. Product managing
10. Ekonomi
10.1. Komunikasi marketing
10.2 Managemen Branding
11. Teknologi (IoT)
11.1. Digital conten
12. Agama dan Etika
12.1 Ikhlas/tulus
12.2 Tha’ah/ketaatan/patuh
12.3 Uswah/teladan
12.4 Siddig/jujur
12.5 Tarbawy/edukatif
12.6 Tawadlu/rendah hati
13. Tourism
13.1 Managemen destinasi wisata
13.2 Manajemen sosial media
13.3 Public speaking