KURIKULUM &

GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)

 

PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

 

 

KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA

(UNISNU)

 

 Jl. Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara (59427) Telp. 0291-595320 /Fax. 0291- 592630

www.unisnu.ac.id  email. info@unisnu.ac.id


1.        Deskripsi Umum

Pengembangan kurikulum Prodi DKV UNISNU dirasa sudah sangat urgensi dalam pembeharuannya terkait dengan perubahan kondisi industri saat ini. Beberapa alasan atau pertimbangan dalam penyusunannya tersebut tentu saja sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal dalam bidang desain komunikasi visual. Perkembangan keilmuan dan keprofesian yang terjadi dalam bidang Desain Komunikasi Visual dalam satu setengah dekade ini telah berlangsung dengan pesat yang ditandai oleh lahirnya kajian-kajian secara keilmuan dalam desain komunikasi visual yang berkaitan dengan disiplin lingusitik (semiotic), sosiologi, psikologi, ilmu produk, arsitektur bangunan, kebudayaan, ekonomi (manajemen) hingga teknologi dan unsur agama (etic). konsekuensi dari persinggungan antara disiplin keilmuan desain komunikasi visual  (DKV) dengan keilmuan lainnya telah memunculkan kajian ilmiah dengan tema dalam wacana; narasi visual, antropologi visual, budaya visual, branding, digital storytelling, digital illustration, digital animation, web design, hingga game design. Sebagai akibat adanya fenomena persentuhan disiplin keilmuan tersebut ke dalam bidang desain komunikasi visual, maka secara bersamaan diikuti pula oleh munculnya profesi-profesi kebaruan dalam bidang desain komunikasi visual, seperti: digital illustrator, digital animator, game designer, web designer, videographer, dan industrial moslem designer dan lainnya.

Kondisi yang terjadi dalam keilmuan dan profesi dalam bidang desain komunikasi visual sekarang dan masa yang akan datang, maka dalam penyusunan kurikulum Prodi DKV UNISNU mencoba mengantisipasi keseluruhan situasi tersebut dengan mengembangkan model jalur minat yang telah ada selama ini dalam struktur kurikulum Prodi DKV UNISNU. Strategi yang diupayakan dalam pengembangan konten kurikulum DKV UNISNU adalah dengan menitik-beratkan pada  jalur peminatan bidang desain grafis, dan Periklanan di Prodi DKV UNISNU pada empat pilar yakni courtesy, competent, scientis and Insightful technology Hal ini dimaksudkan sebagai jawaban dalam mengantisipasi terjadinya kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang desain komunikasi visual yang unggul dan memiliki konsep yang santun, kompeten sebagai  saintis terapan serta berwawasan teknologi. yang  terkonsentrasi ke dalam bidang desain grafis dan periklanan yang saat ini terlalu bebas dalam mengekspresikan diri dan karya tanpa mempertimbangkan aspek research yang berwawasan teknologi, sehingga menimbulkan dinamika desain  yang tidak tepat sasaran.

Prodi DKV UNISNU juga mengembangkan metode yang dilakukan bersama-sama dengan lintas keilmuan lain, antara teknik informatika (TI), arsitektur dan desain produk UNISNU dalam rangka menumbuhkan kembangkan keilmuan desain komunikasi visual yang saat ini sedang mengalami krisis sains terapan yang berwawasan teknologi, selain mengembangkan struktur kurikulum adalah melakukan peningkatan keilmuan pada sisi sumber daya manusianya. Sumber daya manusia (SDM) dilakukan melalui pengembangan dosen di lingkungan Prodi DKV, Teknik Informatika, Arsitektur serta desain produk UNISNU dengan melakukan proses studi lanjut di tingkat strata III ke dalam bidang desain publikasi, publikasi informatika berbasis teknologi, Desain kelola wilayah publikasi berbasis arsitektur serta pengembangan produk dan media publikasi.

 

1.1 Kerangka keilmuan

Desain komunikasi visual merupakan bidang keilmuan yang terbangun oleh kerangka keilmuan interdisiplin ilmu yang berawal dari ranah seni rupa dan desain. kemudian dalam perkembangan keilmuannya, desain komunikasi visual tidak saja berfokus pada keilmuan seni rupa dan desain namun telah membentuk dirinya sendiri dengan meminjam dan menggunakan ilmu lain yang relevan dengan disiplin ilmu komunikasi, pengembangan produk, psikologi, perancangan bangunan, kebudayaan, etika, kepercayaan serta informatika teknologi guna perumusan ilmu baru sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman.

Guna memberi gambaran peluang perkembangan ilmu desain komunikasi visual (DKV) saat ini dan yang akan datang, berikut merupakan taksonomi ilmu yang membentuk keilmuan desain komunikasi visual UNISNU:

1.1.1. Komunikasi visual: teori umum dan filosofi:

1.1.1.1. Citra/pencitraan, Isi dan makna

1.1.1.2. Mental Image /Visualisasi

1.1.1.3. Filosofi: Epistemologi

1.1.1.4. Informasi/isi

1.1.1.5. Perubahan Bahasa komunikasi visual

1.1.2. Psikologi:

1.1.2.1  . Psikologi seni

1.1.2.2  . Persepsi seni

1.1.2.3  . Interpretasi/kognisi

1.1.2.4  . Code/Decoding/Encoding

1.1.3. Pendidikan:

1.1.3.1.     Belajar /learning

1.1.3.2.      literatur visual

1.1.3.3.      Teknik pembelajaran/teaching

1.1.4. Faktor peserta/Efek/Tanggapan:

1.1.4.1. Perilaku dan kepercayaan

1.1.4.2. Arousal dan emosi

1.1.4.3. Kreatifitas dan imajinasi

1.1.5. Seni:

1.1.5.1. Estetika desain

1.1.5.2. Komposisi/tata letak

1.1.5.3. Olah gambar

1.1.5.4. Tata huruf

1.1.5.5. Olah warna

1.1.5.6. Ilustrasi terapan

1.1.5.7.  Menggambar bentuk

1.1.6. Ilmu Komunikasi:

1.1.6.1. Jurnalistik media

1.1.6.2. Komunikasi periklanan

1.1.7. Sains terapan:

1.1.7.1. Publikasi berbasis sains teknologi

1.1.7.2. Pengembangan Produk dan media publikasi

1.1.7.3. Desain 3 dimensi dan animasi

1.1.7.4. Desain visual permainan elektronik

1.1.8. Kemampuan Professional /Discipline:

1.1.8.1. Fotografi

1.1.8.2. Publikasi Elektronik/Videoteks

1.1.8.3. Desain Periklanan

1.1.8.4. Visual jurnalis

1.1.8.5. Multimedia developer

1.1.9. Desain Produk

1.1.9.1. Ergonomi desain

1.1.9.2. Desain produk kemasan

1.1.10. Ekonomi

1.1.10.1. Komunikasi marketing

1.1.10.2. Managemen Branding

1.1.11. Teknologi

1.1.11.1. Analisis media

1.1.12. Agama dan Etika

1.1.12.1.     Ikhlas/tulus

1.1.12.2.     Tha’ah/ketaatan/patuh

1.1.12.3.     Uswah/teladan

1.1.12.4.     Siddig/jujur

1.1.12.5.      Tarbawy/edukatif

1.1.12.6.     Tawadlu/rendah hati

1.1.13.  Budaya

1.1.13.1.     Perilaku komunikatif